[THAILAND] Jajanan Wajib Coba di Bangkok

Bangkok emang gak akan pernah ada habisnya kalau dibahas, mulai dari tata kota, budaya sampai juga makanannya yang luar biasa JUARA! Ke Bangkok gak pake jajan cemilan di pinggir jalan rasanya mbok-mbok pijet gak pake sendawa alias gak pol aja gitu. Ya gak sih? Nah, ada beberapa jajanan pinggir jalan dengan harga murah meriah rekomendasi saya. Apa aja itu? Simak di bawah ini!

Thai Iced Tea / Cha Yen
Image Source: Trip Advisor
Yaela, masa beginian aja dikasih tau? Ya siapa tau aja kalian mikirnya rasa Thai Tea Thailand sama kayak di Indonesia. Salah besar, guys! Walaupun cara buatnya sama kayak Thai Tea yang dijual di mall-mall besar di Indonesia, entah kenapa rasa Thai Tea di sini lebih unik, enak, khas dan memorable banget. Kalau diingat-ingat, saya mungkin bisa beli minuman ini 3 kali sehari mulai dari sarapan, makan siang sampai sebelum tidur. Bisa jadi karena faktor murah meriah juga yang kalo dirupiahin cuma 10 ribuan, jadi gak usah mikir dua kali atau diirit-irit minumnya. he. Bisa beli di mana sih? Di beberapa daerah kayak sekitaran jalan Ramkhanghaeng atau Phetchaburi kalian bisa nemuin mbak-mbak dengan kios kecil lengkap dengan payung dan tumpukan creamer atau susu kental manis.


Fried Chicken / Gai Tod
Image Source: http://thesmartlocal.com
Apa istimewanya ayam goreng pinggir jalan? Jelas istimewa karena rasanya bukan kayak Sabana atau Hisana, gengs! Jajanan ayam goreng ini entah kenapa paling berkesan di hati saya, dan setiap ke Bangkok saya harus nyari Gai Tod ini yang digoreng dengan minyak yang keliatan udah item 🤣🤣🤣🤣 Rasanya super gurih kayak udah di-marinated dengan waktu yang cukup lama, jadinya rasa gurihnya gak cuma sampe kulit tapi nembus sampe tulang-tulangnya. Gak tau apa rahasia bumbunya, tapi kalian harus banget lah cobain Gai Tod ini at least sekali aja.


Thai Crispy Crepes / Khanom Bueang
Image Source: https://thailandtravel.agency
Jajanan ini bentuknya kayak Taco, tapi dibuat dari adonan Lekker yang garing dan isinya telur. Nah lho, bingung gak? Gak usah bingung soalnya jajanan khas Thailand ini super enak dan cocok buat sarapan. Khanom Bueang dibuat dari tepung beras yang cara buatnya mirip kayak crepes, that's why Khanom Bueang biasanya disebut orang sebagai Thai Crispy Crepes. Khanom Bueang cuma dilipet sekali jadi berbentuk kayak Taco, lalu penjual akan mengisinya dengan telur bebek atau ayam dan diberi parutan kelapa. Asin dan manis bakal jadi satu di gigitan pertama. Yummy!


Sate Sosis / Sai Oua
Image Source: ww.jacqsowhat.com
Kalau kalian pergi ke pasar kayak Chatucak atau Srinakarin, kalian akan menemukan stand yang banjir dengan aneka sosis. Gak cuma sosis, banyak juga baso-basoan yang menggiurkan, lho! Sosis yang dijual nantinya akan diberi bumbu asem-manis semacam sambel Thai gitu lengkap dengan daun ketumbarnya yang khas, tapi sebelum kalian beli ada baiknya kalian tanya dulu terbuat dari apa, ya. Mayoritas sosis yang dijual adalah berbahan dasar pork, namun gak menutup kemungkinan beberapa stand yang cuma jual sate-satean berbahan dasar seafood dan juga ayam. Kalau gak sempet mampir ke pasar, biasanya bakal ada penjual yang mangkal dengan gerobak kaca menyerupai gerobak Roti Lauw tapi isinya sosis dan baso di depan sevel.


Ice Chrysanthemum Tea
Image Source: Pinterest

Gak cuma Thai Iced Tea aja lho yang nyegerin! Bangkok punya banyak hidden gems kayak minuman seger yang dijual di pinggir jalan kayak Ice Chrysanthemum Tea ini. Kalian bisa nemuin ini di Chatucak Weekend Market yang biasanya dijual di sebelah stand es krim kelapa, Model penjual minuman ini biasanya menyediakan 3 pilihan teh; Chrysanthemum, Roseli, dan Lemon, cuma favorit saya masih tetap Chrysantemum karena bisa sekaligus nyembuhin panas dalem.


Thai Traditional Sweet Rice Cake / Kanom Krok
Image Source: https://foodpractice.com
Bentuknya yang bulet-bulet, ngingetin kita sama Takoyaki khas Jepang, tapi Kanom Krom isinya bukan daging melainkan santen. Iye, santen, cui! Aneh gak rasanya? Menurut saya sih aneh banget dan kurang suka, tapi kalian yang mau jajan di Bangkok ya kudu cobain biar gak penasaran dan tau rasanya yang susah diungkapin kayak apa. Tenang, isian dalam Kanom Krok gak cuma santen tapi juga dilengkapi dengan daun bawang serta jagung manis untuk menetralisir rasa kelapa yang gurih. Kanom Krok biasanya dijual pagi-pagi buat sarapan dan dijual masih dalam keadaan panas, karena para penjual akan sambil membuatnya ketika ada orang yang mau beli. Fresh from the stove!

Nah itu dia beberapa jajanan rekomendasi ala Sleepless Bunny. Please comment di bawah untuk kritik dan saran atau request topik apa yang mau dibahas di post selanjutnya. Happy travelling and always happy!

Comments

Popular Posts