[INDONESIA] Surga Board Game di The Bunker Cafe

Masih suka main board game? Kata orang tidak sadar umur? Tos dulu, dong! I feel you, guys. Menurut saya, board game ini sebenernya nggak mengenal umur sama sekali, lho! Malah board game ini bisa membantu kita jadi lebih mikir dibandingin cuma main game di smartphone. Nggak cuma itu, main board game juga bisa buat deketin diri kalian sama lawan main entah itu temen, keluarga, gebetan atau pacar. Main board game ya bisa ketawa beneran dibandingin main game di smartphone, kalian cuma bisa ketawa virtual. LOL, LMAO atau ROFL yang belum tentu ketawa beneran.

Berawal dari sebuh story Instagram, saya tertarik lihat teman yang ngepost lagi main board game yang kelihatannya seru banget. Untungnya, dia tag location yang akhirnya bisa saya simpan. Thank you! Saya pun tertarik banget buat dateng dan main ke sana, untungnya semua teman saya adalah tipe orang yang suka main dan setuju buat cobain tempat ini.

The Bunker Cafe. Terletak di Gading Serpong - Tangerang, tempat ini agak sedikit tersembunyi karena letaknya di dalam ruko dan dikelilingi sama cafe lainnya. Kita pikir di malam Minggu bakalan rame sampe waiting list eh tapi ternyata enggak. Saat masuk, nuansa kayu dengan lampu kuning ini bikin hati langsung adem kayak berasa main di ruang tamu rumah sendiri. Beberapa rak menjulang tinggi yang isinya board game import dan bungkusnya kelihatan menarik banget. Tumpukan kotak board game serasa memanggil "cepet mainin gue!"

Sebelum main, pengunjung diharuskan untuk pesen minum atau makan yang tersedia, lalu staff akan bertanya jumlah orang yang main dan kita diberikan semacam koin untuk nandain waktu berapa lama kita main. Untuk main board game di sini, kita diharuskan membayar 15.000/jam per orang dan bebas mau main berapa jam atau mau gonta ganti mainan. Saking banyaknya board game yang di-claim mencapai 100++ jenis, kita bisa tanya sama staff dengan seragam "My Main Job is Teaching Board Games" yang siap merekomendasikan + ngajarin sampai kita bisa.

 
Credit: @benedcts

Mainan favorit saya dan teman-teman adalah Coup yang bisa merusak pertemanan. Intinya di sini kita bisa bunuh-bunuhin temen kita, bisa bohong, nyerang, mencuri apapun untuk menjadi last man standing. Pinter-pinterlah akting, mikir strategi dan jangan gampang percaya. Ini juga bisa dijadiin pedoman hidup, yess.. Biar nggak kemakan sama janji manis. Ehm.

Bagi saya, cafe ini sangat recommended untuk main dan nongkrong berlama-lama. Harga minuman dan makanannya pun juga masih sehat di kantong start from IDR 30.000. Saya seneng banget dengan banyak board game yang mendidik, bukan sekadar cafe atau resto yang menyediakan permainan tapi nggak dirawat, kotor, ilang-ilang dan segala bentuk kekacauan lainnya. Gelik! Saya pun nggak keberatan untuk membayar lebih biar mainan-mainan ini terawat kebersihannya dan bentuknya, tapi menurut saya peraturan membayar per orang ini agak sedikit kaku. Why? Semakin lama kalian main, semakin mahal juga untuk bayarnya. Bisa jadi mahalan bayar mainnya dibandingin sama harga makan atau minum. Saya sempat mikir, kenapa nggak dibuat peraturan untuk  bayarnya per meja? Mungkin bisa dipatok dengan harga langsung mahal tapi flat. Misal 1 meja 100 ribu rupiah tapi flat? Kalau kita berempat, kita bisa patungan dan bayar hanya 25.000 untuk main.

Mungkin regulasi ini sudah dipikirkan matang-matang juga dari sang pemilik. Bisa jadi, ini adalah taktik biar nggak waiting list dan nggak ada orang egois yang berlama-lama main tapi cuma beli minum segelas. Bisa jadi kan?

Well, intinya saya masih merekomendasikan tempat ini buat jadi alternatif nongkrong di malam minggu. Daripada ke mall atau nonton di bioskop, main board game bisa jadi obat kerinduan masa kecil kamu, lho! [Chrissila Jessica]



The Bunker Board Game Cafe

Ruko Graha Boulevard, D 10-11, Summarecon Serpong, Curug Sangereng, Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810

Comments

Popular Posts