[INDONESIA] Bakpia Jogja Battle: Mana yang Terbaik?

Siapa sih yang kalo ke Jogja nggak makan bakpia atau dititipin bakpia? Sebenernya, saya nggak doyan bakpia karena gak suka teksturnya yang nempel-nempel di langit-langit mulut dan seret banget. Tapi, sebelum liburan kemarin saya akhirnya melakukan research di Instagram dan nyariin semua akun bakpia. Ternyata, banyak buanget bakpia yang sudah dimodifikasi menjadi lebih modern dengan packaging yang lebih "anak muda". Beberapa customer jastip juga menyebutkan beberapa brand bakpia secara spesifik dan seragam. Untuk menjawab rasa penasaran, maka saya ikutan beli bakpia yang paling banyak dipesan untuk diicip juga. 

Bakpia Kencana

Bakpia Kencana adalah salah satu bakpia yang paling banyak diminati nih. Hampir semua orang pesan rasa kacang hijau, coklat, dan keju. Bener-bener cuma itu doang dari berbagai pilihan varian yang mereka tawarkan. Setelah nyoba, ternyata kulitnya lembuuuuut banget bukan tipikal kulit bakpia yang putih dan keras. Kalau masuk mulut bener-bener langsung meleleh. Isian kacang hijaunya juga sudah halus sekali jadi bener-bener kayak puree. Nggak ada kata seret atau nempel di langit-langit mulut karena bener-bener langsung ketelen aja gitu. Saya yang nggak suka kacang hijau aja bilang ini enak! Senengnya, mereka bisa minta kemasan vacuum sehingga lebih tahan lama untuk dikirim ke luar kota. Saya coba kirim ini ke kalimantan dengan estimasi 7 hari ternyata masih enak dan aman. Nggak hancur, box nggak berminyak, dan bentuknya tetap stay still karena vakum. Kamu bisa pesan bakpia kencana ini lewat WA yang ada di bio instagram mereka dan bisa dipickup Go-send. Adminya gercep banget dan super informatif.

Bakpia Kurnia Sari

Nah, ini juga salah satu bakpia yang bisa dibilang memorable karena punya bungkus warna hijau yang eye-catching. Kurnia sari ini cepet banget habisnya kalau sudah siang, jadi kamu bisa beli di pagi hari atau malah sore hari jam 5-an karena stoknya baru datang lagi dari pabrik. Nah batch sore ini masih super fresh karena masih panas banget kayak baru keluar dari oven. Kalau datang langsung ke tokonya, ada makanan ringan lainnya yang bisa kamu beli. Bakpia kurnia sari ini super wangi dan juga agak keras. Kerasnya nggak sampai menyiksa gigi tapi kalau dibandingkan dengan bakpia kencana, kurnia sari agak lebih firm. Filling coklatnya nggak begitu manis dan ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan dengan bakpia pada umumnya. Sayangnya, kalau mau pesan harus datang ke toko mereka karena adminnya amit-amit banget. Kalau belom siap marah-marah dan bikin darah tinggi mendingan langsung aja datang ke tokonya. 

Bakpiaku

Nah, ini adalah salah satu bakpia yang udah dikemas secara modern. Bungkusnya lucu banget kayak permen dan mereka menyediakan kemasan isi 5 yang oke banget buat starter. Kalau pesan isi 5, dibungkusnya kayak permen gini, unik banget. Kamu bisa pesan Bakpiaku lewat Go-Food dan cari lokasi terdekat. Stok Bakpiaku ini cepet banget habisnya terutama untuk rasa keju. Kamu bisa pesan atau WA adminnya sebelum pesan agar mereka cariin cabang mana yang tersedia. Ngepoin instagramnya, ternyata mereka sudah go internasional sampai Jepang. Keren! Untuk rasanya sendiri ini mirip banget sama tekstur bakpia tradisional pada umumnya dengan kulit yang agak tebal dan juga agak keras. Tapi Bakpiaku ini masih bisa dibilang crunchy dan gak sekeras bakpia pathok. Untuk rasa coklatnya juga enak nggak bikin sakit tenggorokan. Sejujurnya aku lebih suka bakpia kurnia, tapi kalau kata temanku bakpia kurnia kulitnya terlalu lembek sehingga dia lebih pilih bakpiaku.

Brokiss Jogja

Sumber: Instagram  @brokissjogja
Sumber: @brokissjogja
Sebenernya ini bisa dibilang sudah bukan bakpia karena adonannya udah beda. Tapi ini adalah favorit saya banget banget banget. Brokiss ini bukan tipe bakpia tradisional, tapi sudah dimodif seutuhnya. Kulit yang mereka gunakan adalah kulit pastry sehingga bisa dibilang ini kayak croissant tapi dibikin kecil-kecil. Kemarin saya cobain yang isi silverqueen dan... luar biasa enaknya sih nagih banget! Kulitnya tipis, garing, isiannya juga banyak banget dan padat. Perpaduan si kulit pastry yang garing dengan silverqueen, kacang, dan brownies bikin mulut berasa "rame" pas sekali gigit. Bungkusnya juga sangat bagus dan rapi, individual package dengan box bersekat yang berfungsi menjaga bentuknya biar nggak hancur saat dibawa pulang.

Dari ketiga bakpia yang saya sudah cobain, ada 1  merk bakpia yang belum pernah saya coba tapi selalu direkomendasikan. Semua driver grab car yang saya tumpangi selalu mengatakan bahwa merk bakpia ini sangat sangat enak dan sesuai dengan lidah orang Jogja. Mungkin bisa dikatakan ini honorable mention kali ya?

Bakpia Jogja Kembali (Jogkem)

Bakpia ini selalu direkomendasikan dan disebut oleh 3 driver yang mengantar saya. Katanya sih adonannya tuh lembut namun tetap crispy. Kalau saya lihat di Instagram mereka sih memang bakpia Jogkem ini memiliki varian yang unik, seperti alpukat, nangka, dan pisang? Sejujurnya agak kaget sih dengan filling bakpia kayak gini dan nggak kebayang gimana rasanya. Kalau dari segi harga sih agak sedikit pricy dibandingkan dengan merk bakpia lainnya, cuma kalo dari segi rasa mungkin bisa diadu?

Kesimpulannya, yang masih menjadi favorit saya adalah Brokiss Jogja dengan menu pia silverqueen, lalu dilanjut dengan Bakpia Kencana, Bakpia Kurnia Sari, dan Bakpiaku. Sebenarnya masih ada satu merk bakpia, Bakpia Tugu, yang populer banget sebagai oleh-oleh. Tapi, menurut saya itu mah bukan bakpia tapi lebih ke arah bolu kukus dikasih isian.

Selain merk-merk bakpia di atas, ada juga beberapa rekomendasi lainnya yang sudah saya kumpulkan dari teman-teman. Mungkin kalian bisa jadikan list ini sebagai opsi jika nggak doyan sama merk bakpia yang sudah saya sebutkan di atas:

Banyak amat ya bakpia. Sampe bingung 🙄 [Chrissila Jessica | @jesch__)

Comments

Popular Posts