[INDONESIA] MOJA: MUSEUM APA BUKAN?


Tanggal 27 Oktober lalu, sebuah tempat hits yang terletak di Jakarta Selatan bernama MoJA Museum resmi dibuka. MoJA yang merupakan singkatan dari Museum of Art Jakarta ini diklaim sebagai tempat yang sangat Instagram-able dan cocok banget buat kalian yang suka foto-foto atas dasar keperluan update Instagram atau ganti DP Whatsapp (yha). 

Nah, seminggu lalu tepatnya tanggal 12 November 2018 saya berkesempatan untuk nyobain dateng ke MoJA karena penasaran kayak apa sih tempat hits yang lagi rame banget jadi pembicaraan? Saya memilih hari Senin dan siang hari untuk datang ke sana demi menghindari keramaian yang bikin pusing, tapi nyatanya tetep rame walaupun masih kondusif. Tempat ini terletak persis di sebelah PIM, jadi kalian nggak usah bingung buat nyari-nyari lokasinya. MoJA ini punya tema Cinema yang ke-14 ruangan fotonya memiliki nama terinspirasi dari film, seperti:
1. Charlie and the Millenial Pink Candy Room
2. Ready Player Moja
3. Flower Gump
4. Catch Me if Lion Can
5. Colorception
6. (500) Seats of Summer
7. Cloudy with A Swing Of Happiness
8. Captain Snowman's Underpants
9. Guardians of The Protected Universe
10. The Godfather's Red Room
11. School of Disco
12. The Pursuit of Butter
13. Life of Moja.
14. Marie Me!

Untuk masuk ke dalam Moja, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar:
Weekday (Senin - Jumat)
Dewasa Rp 100.000
Anak-anak/lansia* Rp 90.000
Weekend + Public Holiday
Dewasa Rp 125.000
Anak-anak/lansia* Rp 115.000


Dengan bentuk, style, dan properti yang ada di dalam MoJA, menurut saya ini merupakan gabungan dari Museum of Ice Cream dan juga Dream Machine yang hits juga di Amerika sana, tapi tenang.... MoJA tetep punya identity tersendiri dan nggak asal comot plek ketiplek kok. MoJA ini merupakan one way museum yang mengharuskan setiap pengunjung itu maju ke ruangan berikutnya dan nggak bisa mundur ke ruangan sebelumnya. Sebaiknya, kalian ambil foto di 1 ruangan dulu sampai mantep banget baru lanjut ke ruangan lain.

Uniknya, ada beberapa ruangan yang menyediakan gimmick berupa makanan ringan yang bisa kita icip-icip sambil ngiterin + lihat-lihat ruangannya. Semua staff di sini pun super helpfull, informatif dan ramah banget. Mereka dengan senang hati mengulang informasi yang sekiranya kita belum jelas atau bahkan nawarin untuk fotoin pengunjung yang mungkin dateng sendirian atau pengen foto rame-rame. Aku padamu, mba & mas MoJA!

Pertanyaannya, apakah MoJA bisa dibilang museum? Seperti yang kita tahu, museum adalah sebuah tempat yang memiliki koleksi benda bersejarah dan bernilai untuk dipamerkan ke khalayak umum. Museum juga memiliki penjelasan yang detil tentang barang yang dipajang di dalam museum. Nah, kalau untuk MoJA sendiri sih sebenernya nggak ada barang bersejarah yang dipajang selain ruangan-ruangan sebagai objek yang ditonjolkan, namun di beberapa tembok ruangan ada tulisan yang berisi penjelasan dari ruangan tersebut. Contohnya kayak si ruangan pertama berwarna pink alias Charlie and the Millenial Pink Candy Room. So, menurut kalian apakah Moja bisa disebut sebagai museum? Apakah hanya sekadar exhibition? Atau malah foto studio mandiri?

Overall, menurut saya MoJA worth it untuk dikunjungi karena mumpung masih anget, mumpung masih baru dan mumpung masih bersih (semoga bersih terus ya). Dengan biaya yang sudah kita keluarkan, MoJA berhasil memberikan pengalaman baru pengunjungnya mulai dari service para staff yang luar biasa, gimmick-gimmick sederhanan nan manis yang bikin hati meleleh sampai juga hasil foto yang lucuuu banget beneran. Buat kalian yang penasaran gimana suasana dan dalemnya MoJA, nih tonton dulu video berdurasi 35 detik yang saya buat bersama teman-teman saya di bawah ini!
Rencananya, kita bakal buat versi full-nya untuk ngasih tau ke kalian gimana gambaran foto-foto di one way museum-nya Jakarta ini. Biar nggak ketinggalan infonya, jangan lupa buat subscribe, like, dan comment videonya ya atau follow kita di Instagram @walkietalkie.id. Komen juga di bawah untuk kasih tahu saya di mana lagi tempat yang harus dikunjungin selanjutnya. Have a nice trip! [Chrissila Jessica]


Comments

Popular Posts