[JEPANG] HUNTING STAMPEL GRATIS DAN LUCU DI STASIUN KERETA

Siapa bilang nyari souvenir di Jepang itu harus mahal dan harus ubek-ubek toko yang mahal? Nyari souvenir di Jepang bisa juga cari alternatif yang murah kayak saya dengan ngumpulin stampel lucu di setiap stasiun atau istilah dalam Bahasa Jepang-nya adalah Eki Stampu atau Eki Stamp. Eki Stamp adalah stampel yang biasanya ada bisa kalian temukan di stasiun kereta di Jepang dan memiliki gambar yang Jepang banget. Misalnya kayak arsitektur, landmarks, maskot, pemandangan atau bahkan gambar dan nama stasiun keretanya itu sendiri.

Penampakan meja Eki Stamp.
Mon maap burem banget capture dari story IG.
"Itu adanya di mana? Kok aku nggak pernah tau?" Pertanyaan ini cukup banyak muncul setelah saya posting kegiatan saya mengumpulkan Eki Stamp di Tokyo. Memang, nyari stampel ini butuh mata yang tajam dan niat yang besar, karena saya berani jamin kalau cuma sekadar lewat nggak diperhatiin pasti nggak ketemu. Eki Stamp bisa kalian temuin di meja kecil yang biasanya berada sebelum pintu exit atau pintu masuk kereta. Beberapa meja Eki Stamp yang saya temui memiliki salah satu ciri khas yaitu meja kayu coklat kecil yang agak tua dan biasanya diletakkan di pojokan. Pokoknya mata harus skimming sampai pojokan stasiun. Namun, nggak semua Eki Stamp di stasiun ini bakal diletakkan di luar, kalo emang udah lelah nyari, kamu bisa nanya sama staff di stasiun dengan, "Sumimasen, Eki stampu wa doko desu ka?" Mereka akan senang hati memberitahu letaknya atau malah biasanya stampel disimpan di tempat informasi oleh petugas.

Sampai saat ini sih saya belum menemukan stampel di semua stasiun dan saya juga kurang tahu apakah semua stasiun memiliki Eki Stamp atau memang cuma beberapa. Satu hal yang saya tahu sih kalau stasiun JR hampir semua punya dan biasanya Eki Stamp di stasiun JR punya 1 poster besar yang isinya contoh gambar stamp di setiap stasiun. So, kalian bakal punya clue di stasiun mana aja kamu bisa kumpulin si stampel gemes ini.

Eki Stamp ini juga punya kasta, maksudnya perbedaan kali ya antara di stasiun JR dan stasiun metro. Stamp yang ada di stasiun metro itu bentuknya cap kayu gede dan udah tua banget bentukannya. Udah gitu, inkpad yang disediakan juga suka kering dan jadinya hasilnya super burem. Padahal gambarnya bagusss banget. Sad 😥 Kalau di stasiun JR, biasanya punya stamp yang lebih bagus, bentuknya emang lebih kecil tapi karena mungkin format stampnya sudah automatic tanpa perlu tinta lagi, tekan sedikit hasilnya udah jelas banget! Bentuk stampnya pun udah jauh lebih modern daripada stamp yang ada di stasiun metro. Saran saya sih bawa inkpad sendiri in case kalo inkpad yang disediain habis kan? Kalo nggak mau repot beli aja di Daiso Jepang yang harganya cuma 15.000 rupiah bentuknya pun cuilik kecil tipis kayak wadah eye shadow.

"Enaknya cap di mana ya?" Sebenernya sih terserah kalian mau cap di mana, kalau saya sih beli notes kecil nggak bergaris ukuran A6 di Daiso karena murah meriah dan juga enak buat masuk tas. Saya tetap mau maksimal walaupun nggak mau rempong 🤣 Kalau kalian totalitas banget mau bikin biar semuanya rapi, mampirlah ke Kinokuniya di Jepang yang menyediakan buku khusus Eki Stamp. Tiap halaman dari buku Eki Stamp ini punya kolom lokasi dan juga tanggal, jadi kalian bisa sekalian tulis nama stasiunnya biar nggak lupa atau bahkan bisa kalian tambahin cerita per harinya? Be creative, karena nggak ada panduan khusus buat taro stamp. Buatlah sesuai dengan keinginamu!

Banyak yang bilang saya kurang kerjaan, tapi bagi saya ngumpulin stamp di stasiun ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Saya seneng banget sama detail stampel yang sepertinya sih masih diukir pake tangan 💗. Dan yang pasti, menemukan pojokan berisi stamp itu rasanya kayak nemu uang seratus ribu-an di kantong pas akhir bulan. Tau kan rasanya? Cobain aja sendiri!

Di bawah ini ada beberapa Eki Stamp yang udah saya dapet di Osaka dan Tokyo. Saya pun jadi tau tujuan utama saya buat balik lagi ke Jepang adalah hunting Eki Stamp yang belum ketemu 😛 Selamat hunting, gengs!

Daikokucho Station - Osaka

Oshiage (Sky Tree) Station - Tokyo

Kiyosumi Station - Tokyo.
Jangan lupa bawa inkpad sendiri karena nggak jarang stampel udah tua dan kering.
Tennoji Station - Osaka
Umeda Station - Osaka
Asakusa Station - Tokyo
Sampai saat ini, ini masih jadi favoritku 💓
Tsukijishijo Station - Tokyo

Meiji Jingu Temple
Nggak cuma di stasiun, stampel juga biasanya disediakan di tempat wisata kayak temple atau taman.

JR Harajuku Station - Tokyo
Adanya di luar di balik tembok, buat yang nggak naik JR bisa mampir buat ngecap doang.

JR Tokyo Station - Tokyo
Ini adanya di Marunochi Exit. Bagi yang nggak naik JR juga bisa masuk nanti ketemu di pojokan.

Shimbashi Station - Tokyo
JR Tokyo Station - Tokyo
Kebetulan kemarin nemu 2 stamp di JR Tokyo Station. Letaknya juga ada di Marunochi Exit dan sebelahan sama stamp yang merah tadi. Saya kurang tahu apakah yang merah tadi hanya limited edition atau ada terus kayak si ijo ini.
Ueno Station - Tokyo
Stasiun super gede ini katanya punya beberapa stamp yang gambarnya beda-beda. Satu yang saya tahu gambarnya panda karena dekat dengan Ueno Zoo. Sayangnya, kemarin saya malah nemu edisi limited star wars yang seharusnya ada 4 karakter untuk dilengkapi.
Baru dapet segitu tapi lumayan bangga 🤣 Apakah kalian udah ada yang ngumpulin Eki Stamp duluan? Jangan lupa pamerin dong karena info Eki Stamp dari Indonesia rasa-rasanya cukup kurang ya. Let me know apa lagi yang harus aku tulis selanjutnya dengan tinggalin komen di bawah atau kalian bisa DM aku di Instagram ya. See ya! [Chrissila Jessica | @jesch__]

Comments

Popular Posts