[KUALA LUMPUR] CANTIKNYA BALUTAN SENI DI DALAM SRI MAHAMARIAMMAN TEMPLE

Instagram: @jesch__

Sama kayak Jakarta, Kuala Lumpur juga identik sama kota yang sibuk dan isinya gedung doang. Padahal kalo jeli, di setiap sudut kota Kuala Lumpur kalian bakal nemu spot-spot yang fotogenik dan super keren kayak temple Hindu tertua bernama Sri Mahamariamman Temple. Letaknya gak gitu jauh kok dari pusat kota, temple ini ada di sekitaran Petaling Street deket dengan China Town. Sri Mahamariamman Temple ini bisa dijangkau pakai MRT dengan turun di Central Market atau naik bus Go KL warna pink yang gratis alias gak dipungut biaya sama sekali. Kalian gak perlu takut nyasar atau gak ketemu sama temple yang super cantik ini. Dengan pintu masuk yang menjulang serta patung yang mencolok, sebenernya kalian udah bisa liat dari kejauhan.

Untuk masuk ke sini, kalian harus menitipkan alas kaki di counter samping pintu masuk. Jika kalian para wanita memakai bawahan yang lututnya kelihatan, kalian diharuskan untuk menyewa sebuah kain panjang untuk penutup dengan membayar beberapa ringgit aja saat pengembalian kain. Kain yang dipinjemin pun surprisingly motifnya keren dan bahannya adem. Tetep hits dan matching kalo buat foto-foto di dalem temple.

Di dalam sini, pengunjung bisa menjumpai berbagai macam patung tokoh-tokoh Hindu dengan detil yang super keren. Saya sendiri selalu kagum sama seni yang ada di dalam patung tokoh-tokoh Hindu. Mulai dari warnanya, bentuknya, sampai dengan cerita dibalik tiap tokohnya. Walaupun kalian dibebaskan buat sekadar lihat-lihat dan foto-foto, kalian tetap diharuskan buat menjaga sikap ya. Diusahakan banget jangan berisik karena akan mengganggu umat Hindu yang sedang beribadah di sana. So, please be humble ya, karena temple ini pada dasarnya kan tempat beribadah yang suci 😊

Pintu utama Sri Mahamariamman Temple.
Matahari KL kalo siang emang super semangat, jadi jangan lupa buat siapin mental untuk jalan telanjang kaki sambil disirem sinar matahari yang super terik. Gak heran kalo banyak pemandangan para turis yang jalannya sambil jinjit-jinjit sedikit atau lompat-lompat kepanasan. Termasuk saya 😛

So far, Sri Mahamariamman Temple ini masih jadi salah satu tempat favorit saya selama di KL. Saya masih takjub dengan ukiran-ukirannya yang super detil, cantik dan memanjakan mata. Liat ke-artisitik-an di temple ini ibarat nemu kang dawet di jejeran kang sate. Seger bener! Punya rekomendasi yang seger-seger dan patut buat dikunjungin? Tinggalin di kolom COMMENT ya!

Ps: Sri Mahamariamman Temple ini ternyata letaknya gak cuma di KL aja, lho! Setelah saya searching, temple ini pun juga dibangun di Penang dan Bangkok. Di Singapura pun juga ada dengan nama Sri Mariamman (CMIIW).

Comments

Popular Posts