MAU NAIK TRANSPORTASI UMUM DI NEGARA ORANG? KENALI DULU KARTU DAN KEGUNAANNYA!


Kalian prefer mana sih pas jalan-jalan ke luar negeri? Naik transportasi umum atau mendingan langsung naik taxi aja? Kalo saya sih lebih pilih nyoba naik transportasi umum kayak bus atau kereta biar tahu aja gimana rasanya dan juga lebih gampang buat nentuin itinerary selama nge-trip. Nah, di post kali ini, saya mau berbagi informasi tentang kartu-kartu yang bisa kalian beli buat naik transportasi umum bahkan bisa jadi alat pembayaran juga, lho! Apa aja sih?

Bangkok - Rabbit Card
Kemajuan infrastruktur di Bangkok ini patut diacungi jempol, karena dalam beberapa tahun aja Bangkok udah keren banget dalam pengembangan sky train alias BTS yang sekarang ini jadi nyaman banget dan memudahkan hidup. Kalo kalian jalan-jalan di Bangkok dan kiranya bakal sering naik BTS, kalian bisa beli Rabbit Card di semua station dengan harga 200 baht atau setara dengan 100 ribu rupiah dengan saldo 100 baht. Gak cuma buat naik kereta, kalian juga bisa pake Rabbit Card buat alat pembayaran di beberapa merchant, lho! Rabbit Card punya 3 tipe: Adult, Student, dan Senior. Kamu tinggal sesuaikan umur untuk beli kartu ini ya.

Kuala Lumpur - Touch n Go Card
Kalo ke KL, wajib juga nih punya Touch 'n Go card yang serbaguna. Nggak cuma buat bayar MRT atau bus, kartu ini juga berfungsi untuk bayar tol, makanan, dan parkir kayak e-money di Indonesia. Kartu ini harganya 20.60RM atau sekitar 75 ribu rupiah dengan saldo 10RM dan bisa diisi ulang dengan minimal saldo 10RM. Kalo misalnya kalian sering bolak-balik Kuala Lumpur dan sering banget naik transportasi umum, kartu ini aku rekomendasiin banget karena bisa bertahan sampai 4 tahun mendatang. Nah, gimana kalo misalnya kamu jarang-jarang ke KL dan juga jarang naik transport umum? Nah kamu bisa nih pilih kartu yang sesuai dengan cocokin kebutuhan kamu di tabel berikut
Source: https://www.myrapid.com.my/
Selain kalian bisa dapetin kartu Touch 'n Go di station MRT, kalian bisa juga jadi member VIP-nya Watsons Malaysia yang kartunya 2 in 1, lho! Bagi kalian ciwik-ciwik yang doyan belanja atau buka jastip kayak saya, kalian tinggal bayar 20RM atau sekitar 75.000 rupiah saat belanja di Watsons dan langsung deh dapetin kartu fisiknya. Kartu member ini bisa dipake jadi Touch 'n Go yang tinggal diisi saldo minimal 10RM. 

Singapura - Ez Link
Sebenernya ada beberapa pilihan kartu kalo kalian liburan ke Singapura kayak Singapore Tourist Pass yang berlaku cuma beberapa hari, Ez Link yang bisa ditop-up dan berlaku selama 5 tahun atau gak masalah juga sih kalo beli daily pass trip yang kertasnya bisa dipake sampai 10 kali trip di MRT. Kalo misalnya kalian sering pergi ke Singapura dan sering pergi naik MRT, taxi atau bus, aku saranin untuk beli Ez Link aja, karena selain buat bayar transportasi umum, Ez Link juga bisa dipake buat jajan di resto, nonton bioskop, bayar tol, beli minuman di vending machine, dan lainnya. Pokoknya Ez Link bakal memudahkan hidup kalian banget biar nggak bawa uang cash banyak-banyak. Serunya lagi, Ez Link ini punya banyak design yang gemes-gemes sesuai dengan event yang lagi berlangsung di Singapura, lho! Ez Link kalian dijamin gak bakal monoton deh. Eh ya di mana sih bisa beli Ez Link? Berapa harganya? Nih cek di bawah ini!
Kalau kalian beli Ez Link di Seven Eleven, biasanya mereka punya gambar-gambar Ez Link yang limited edition, lho! Sebelum beli, ada baiknya kalian pantengin Instagramnya Ez Link biar kedapetan Ez Link yang keren!

Octopus - Hong Kong
Awalnya, Octopus itu cuma digunakan buat bayar tranportasi umum aja, namun seiring berkembangnya zaman Octopus Card ini bisa dibilang sistem pembayaran utamanya Hong Kong, lho! Nggak cuma sampe Hong Kong, Octopus juga bisa digunain kalau kalian ngetrip ke Macau atau Shenzen. Nah, kalau kalian ke Hong Kong dan bakal sering naik MTR, feri, taxi, tram, jajan di mini market, dan dalam 3 tahun bakal bolak-balik Hong Kong, Octopus Card udah paling tepat deh. Sebenernya saya agak salah sih, karena beli On-Loan Octopus yang  harganya lebih mahal dibandingin sama Octopus khusus turis. Emang apa sih bedanya kedua kartu ini? Yuk kita bandingin!
Nah, demikian pembahasan kartu-kartu yang bisa kamu gunain buat mempermudah hidup di negara orang. Sebenernya kartu ini gak wajib banget kamu beli, karena sesuai yang saya bilang sebelumnya kalo kalian tetep harus sesuaiin sama kebutuhan diri sendiri. Apakah kamu bakal sering naik transportasi umum? Apakah kamu bakal sering bolak-balik ke negara tersebut? Perlu gak perlu, kamu sendiri yang lebih tau. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat ya, geng! Ada topik yang ingin dibahas lagi? Tinggalin komen di bawah ya! Happy holiday 🙂 [Chrissila Jessica]

Comments

Popular Posts