[THAILAND] JAJANAN DI BANGKOK WAJB COBA PART 2

Jajan, jajan, dan jajan. Itu yang saya lakukan pas ke Bangkok, karena yha mumpung. Mumpung harganya murah, mumpung makanannya enak, mumpung makanannya belom pernah dicobain, pokoknya mumpung. Sebelumnya, saya pernah tulis tentang jajanan wajib coba di Bangkok part 1 dan karena saya baru balik dari Thailand dan ingatannya masih fresh, mari bahas jajanan yang saya coba kemarin!

Pork Roast

Gila ini sih hukumnya wajib banget buat kalian-kalian yang boleh makan pork. Selama saya hidup, ini adalah sate babi terenak yang pernah saya makan. Harga sate ini per tusuk adalah 10 baht atau sekitar 5 ribu rupiah saja. Dagingnya super lembut dan lumat saat digigit, jadi kalian nggak perlu cape-cape ngunyah karena gampang ditelan. Rasa roast-nya tuh berasa banget di mulut jadi pas digigit masih kayak berasa ada rasa burn tapi nggak pahit. Makan ini selagi panas dan jangan sampai keburu dingin, karena bakal agak eneg menurut saya. Lemaknya keburu cair dan jadinya rasanya agak menggumpal di mulut. Biasanya sang penjual akan menawarkan untuk menambahkan sebuah bumbu yang rasanya manis-asin, cuma saya sih nggak suka enakan makan langsung aja.


Bihun Mama Tom Yum

Kalo biasanya brand Mama terkenal sama mie instan-nya, kali ini mari kita cobain bihunnya. Bihunnya tipis-tipis banget, tapi lama banget matengnya. Rasa tom yum dari bihin instan ini agak light dan kalo kamu suka tom yum yang nggak begitu kental, ini recommended banget. Lucunya, di dalemnya ada udang-udang kecilnya dan juga rasa daun ketumbar yang strong, jadi ya kayak makan tom yum beneran deh. Menurut saya, bihun instan ini nilainya (7/10) karena ternyata lebih enak yang merk Sevel. Kuahnya lebih kental, lebih berasa, dan lebih pedas. Berhubung saya suka makanan yang berasa bumbunya, nilai mie instan tom yum versi sevel nilainya 8,5. Sevel > Mama.



Kiki Saru


Dulu jajanan ini ada sempat ada di Jakarta dengan nama Debbie and Debbie (?). Jujur lupa namanya tapi dulu ada di Plaza Indonesia, food court Grand Indonesia, dan juga Taman Anggrek. Terakhir saya makan ini di Indonesia kayaknya sekitar tahun 2011-an deh. Nah, kemarin pas ke Bangkok akhirnya ketemu lagi sama kue kedoyanan saya sejak dulu! Langsung deh beli yang harganya sekitar 45 baht (sekitar 25 ribu rupiah) isinya ada 9 potong dengan 2 rasa pilihan: coklat dan vanilla custard. Bentuknya kecil-kecil kayak ada embos jagunya di kue-nya dan enak kalau dimakan pas masih panas karena bakal langsung leleh pas digigit. Favorit saya adalah si vanilla custard, karena nggak gitu manis dan pas aja karena kulitnya agak asin-buttery. Oh ya, Kiki Saru bisa dibeli di food court Platinum ya. 

Sate Udang + Sate Lobster Ball


Sebenernya sih tukang sate di Bangkok itu banyak banget. Jalan dikit pasti kalian nemu deh pedagang kaki lima yang jual sate udang, pork, sosis, dan lain-lain yang harus kalian coba. Nah, tapi di setiap pedagang tuh punya bumbunya masing-masing dan bumbu sate yang paling enak jatuh kepada penjual sate di Wat Pho. Harganya sih emang rada mahal sekitar 30 baht alias sekitar 15 ribuan per tusuk, tapi seafood yang dijual bener-bener seger dan ukurannya gede kayak udang dan lobster ball ini. Paling bikin enak sih bumbunya yang merupakan sambel Thailand dengan rasa manis-asemnya tapi ada pedes-pedesnya juga. Si ibu juga akan memberikan taburan daun ketumbar di sambelnya yang jadi makin enak. Enaknya tuh sampe level "Wow Gokil" gitu loh 🤣🤣 Saran saya cek dulu sebelum memutuskan beli yang mana apakah yang dibalur tepung masih panas atau nggak, karena kalau udah nggak panas bakal perjuangan banget ngunyah tepungnya. Keras! So, pastiin masih panas atau beli sekalian yang nggak pakai tepung ya. Nagih!

Pork Noodle

Kalo makan di food court Platinum nggak akan habis dibahas karena enak-enak semua. Beneran. Ini adalah pork noodle alias mie babi denga harga 60 baht saja alias sekitar 30 ribu rupiah. Mie ini dilengkapi dengan kuah, sayur, dan juga char siu yang manis dan empuk banget. Mereka juga nggak pelit untuk kasih dagingnya, lho! Dikasihnya banyak banget plus 1 butir telur rebus yang kuningnya menggoda sekali. Tekstur mie-nya juga pas karena nggak lembek dan juga nggak keras, enak digigit dan juga mie-nya kecil-tipis. Food Court yang jual makanan ini nggak cuma jual mie, melainkan jual nasi-nasian haram lainnya yang dilihat dari gambarnya sih menggiurkan banget ya. Jujur saya lupa nomor berapa stall ini, yang jelas ada di bagian paling belakang berwarna hijau di area tengah. Selamat berburu!

Hmm.. Mungkin segitu aja dulu jajanan atau makanan rekomendasi saya yang harus dicoba kalo kalian liburan ke Bangkok. Kalau nemu jajanan lainnya, pastinya bakal saya bikin part ketiganya 😛 Oh ya, saya akan balik lagi ke Bangkok di bulan Februari 2019 buat jastip, so bagi yang mau nitip barang-barang Bangkok, just let me know ya. Follow jastip saya aja di sini! See ya and happy holiday! [Chrissila Jessica]



Comments

Popular Posts