[INDONESIA] Nyobain Rekomendasi Kuliner Jogkakarta Berdasarkan Review di Internet. Enak Beneran Kah?

Setelah hampir 2 tahun nggak naik pesawat, akhirnya Desember 2021 kemarin saya mencoba untuk liburan lagi. Walaupun naik pesawat sudah nggak se-fleksibel dulu, tapi rasanya tetap magical. Ada perasaan haru karena bisa "terbang" lagi. Saya memutuskan untuk pergi yang lokal-lokal aja dulu, Jogja. Terakhir ke Jogja kayaknya tahun 2016-an deh, udah lama banget. Setelah 5 tahun berlalu, nggak sangka Jogja sudah berubah. Lebih rapi dan lebih ramai pastinya.

Ke Jogja nggak mungkin dong kalau nggak eksplor makanannya yang enak-enak. Akhirnya saya mencoba beberapa pilihan kuliner Jogkakarta yang banyak direkomendasikan oleh teman-teman di internet. Apakah tourist trap? Mari simak reviewnya di bawah ini.

Lesehan Terang Bulan, Malioboro

Dikarenakan ada beberapa request untuk membelikan burung dara frozen dari tempat ini, saya jadi penasaran juga. Nggak nyangka, ternyata makanan dari lesehan ini lumayan populer di kalangan jastip makanan di Instagram. Kalau kamu bayangin ini tempatnya di tenda, kamu salah besar. Lesehan ini letaknya sudah ada di ruko di sepanjang jalan Malioboro. Saya memesan 1 porsi burung dara goreng yang sudah include dengan nasi dan lalap. 

Dalam bayangan saya, namanya burung dara pasti kecil kayak di resto padang, eh ternyata ukurannya lumayan jumbo. Dari segi rasa ternyata memang beneran enak. Rasanya manis tapi bukan manis bacem, pokoknya enak. Marinasinya sangat berhasil soalnya bumbunya berasa banget sampai ke tulang. Nggak cuma bentuknya aja yang jumbo, dagingnya juga ikut banyak. Puas banget makannya. 

Harga 1 porsi burung dara + es jeruk dibanderol dengan harga Rp. 55.000. Untuk harga memang agak pricey sih tapi menurut saya sebanding kok dengan rasanya.

Jadah Tempe Mbah Carik

Buat kalian yang suka makanan tradisional, mungkin jadah tempe bisa jadi opsi kalau kamu lagi ke Jogja. Kamu bisa menemukan Jadah Tempe di daerah-daerah atas atau gunung. Jadah tempe ini adalah tempe bacem yang dimakan bersamaan dengan ketan. Jadi, manis dan pulennya ketan bakal jadi satu di mulut. Enak, saya doyan! Tapi, karena saya nggak suka tempe akhirnya saya belinya yang tahu. Rasa bacemnya nggak terlalu manis jadi kita masih bisa merasakan gurihnya si ketan juga. 3pcs Jadah +  3pcs tahu dibanderol dengan harga Rp. 13.500 saja.

Kalo kalian mau bawa pulang ke rumah, Mbah Carik ini menyediakan dalam kemasan frozen yang sudah dipaket-paketin dan dibungkus dalam bentuk besek. Selain jadah tempe atau jadah tahu, kalian juga bisa beli jadah gorengnya yang nggak kalah enak. Ketan gurih dikasih serundeng dimakan panas-panas sih nagih banget!

Sate Klathak Mak Adhi

Dulu setiap ke Jogja pasti makannya Sate Klathak Pak Pong yang melegenda, tapi terakhir ke sana kualitasnya sudah menurun jauh. Dagingnya alot sudah nggak seempuk dulu dan bumbunya udah nggak terasa. Dapet rekomendasi untuk cobain ke Sate Klathak Mak Adi yang ada di Imogiri, Bantul. Ruameeee-nya pol! Tempatnya nggak begitu besar jadi agak susah nyari tempat duduk. Saking ramenya kemarin saya nunggu sejam lebih sampai makanannya datang. Tapi waktu menunggu sangat sebanding dengan rasa satenya yang enak banget! Dagingnya empuk banget banget pas digigit dari tusukannya langsung copot aja gitu. Rasa bumbunya juga berasa banget, gurih dan manis jadi satu. Saya tuh jarang sekali makan kambing dan sangat picky, takut masih ada baunya. Tapi saya berani jamin di sini nggak ada baunya sama sekali.

Selain jarang makan kambing, saya juga sebenarnya nggak makan jeroan. Jeroan ayam aja nggak makan gimana kambing? Iseng pesen guleinya ternyata isinya jeroan doang. Takut-takut buat nyoba eh ternyata mantep betul! Ususnya super duper empuk, meleleh di mulut. Tinggal kunyah sedikit langsung tertelan nggak alot kayak sendal jepit. Bisa dibilang tempat ini menjadi saksi bisu untuk meyaksikan saya makan jeroan kambing untuk pertama kalinya dalam seumur hidup. Pertama kali 😭 

Kalo ke sini jangan lupa buat pesen sate gorengnya. Enak! Garing-garing gurih apalagi pake nasi panas. Kayaknya bisa lupa nambah terus. Menurut teman saya, ada satu menu lagi wajib dipesan yaitu kronyos. Sayangnya kemarin saya nggak pesan karena sudah kenyang. Nilai makanan di Mak Adi 9,5/10. Bakal balik lagi sih kalo ke Jogja.

Lumpia Samijaya - Malioboro

Kayaknya kalo ini sudah jadi rahasia umum deh kalo lumpia samijaya enak dan selalu antri. Dari luar keliatannya kayak abang gorengan biasa, eh pas mau beli musti antri panjang. Kemarin kita cuma beli 3pcs aja bisa nunggu 30 menit. Kalau mau beli sekalian yang banyak ya soalnya rugi kalo dikit. Lumpia Samijaya ini menyediakan 2 jenis; biasa dan spesial. Untuk yang spesial kamu bisa menemukan 1 butir telur puyuh di dalam lumpianya. Selain rasanya yang enak, kalian bisa mendapatkan lumpia yang selalu fresh baru digoreng dan masih panas. Isian sayurnya juga dimasak sempurna, bumbunya berasa dan gurih banget. Nggak rugi sih antri lumpia ini. Kayaknya saya bisa makan sekaligus 5pcs deh.

Oh ya, Lumpia Samijaya juga menyediakan kemasan frozen yang dibungkus dengan kemasan vakum. Kemarin sih udah nanya bisa tahan 5-7 hari di kulkas. Lumayan bisa buat stock cemilan di rumah.

Soto Ayam 61

Soto Ayam 61 memang sudah jadi salah satu kuliner legenda di Jogja. Banyak juga nih review-review food vlogger di Instagram mengenai tempat ini. Karena banyak rekomendasi dari internet, yaudah akhirnya cobain deh. Ternyata, tidak spesial-spesial amat sih. Hanya soto ayam biasa pada umumnya aja. Rasanya lumayan enak, tapi not so special aja gitu? Pengunjung bisa memilih berbagai condiment kayak telur puyuh, perkedel, dan telur dadar otak sapi. 

Selama pandemi, condiment ini tidak disediakan di meja dan kamu harus minta untuk dibawakan. Saya sangat nyaman sih dengan hal ini karena mereka sangat memperhatikan kebersihan untuk para pelanggannya. Untuk kamu yang ingin makan tenang dengan kebersihan terjaga, Soto Ayam 61 ini patut diacungi jempol.

Sebenernya masih ada beberapa kuliner yang sudah saya coba dan saya bisa jamin itu enak, kayak:
Selain kuliner di atas, saya juga sempat membandingkan rasa bakpia-bakpia di Jogja mulai dari yang kekinian sampai bakpia legendaris yang paling banyak direkomendasikan. Apa next post kita bahas tentang battle bakpia ya? 😝 [Chrissila Jessica | @jesch__]


Comments

Popular Posts